Jumat, 02 Desember 2011 | | By: Anak Muda

MENANTI GRUP NERAKA EURO 2012

 


VIVAnews – Undian Euro 2012 akan segera dilakukan Jumat, 2 Desember 2011 di Ukraine Palace of Arts, Ukraina pukul 19.00 waktu setempat. Undian ini akan menempatkan 16 negara yang lolos ke putaran final dalam 4 grup. Putaran final Euro 2012 akan berlangsung pada 8 Juni-1 Juli 2012 di Polandia-Ukraina.
Spanyol masih menjadi negara favorit dalam Euro 2012. Patokannya, mereka adalah juara bertahan Euro dan juga Piala Dunia. Mereka juga kokoh di peringkat pertama FIFA dengan 1564 poin, terpaut jauh dari Belanda di peringkat kedua yang mengoleksi 1365 poin.
Mantan bek Jerman di Piala Dunia 1990, Thomas Berthold memberikan prediksi mengenai favorit juara Euro 2012. Dia menyebut Spanyol masih layak disebut sebagai unggulan utama.
“Segalanya bisa terjadi dalam satu pertandingan. Ranking saya adalah: Saya melihat Spanyol masih tim no 1, di belakang mereka ada Jerman, setelahnya ada Inggris, Prancis, Italia, dan lainnya,” ungkap Berthold seperti dikutip Goal.
“Namun dalam satu pertandingan segalanya bisa terjadi. Untuk menaklukkan Spanyol semua orang harus siap 100 persen,” lanjutnya.
Kemungkinan Grup Neraka
UEFA telah membagi undian dalam 4 pot. Setiap negara yang berada dalam pot yang sama tak akan bisa bertemu.
Spanyol berada di pot 1 bersama Belanda, dan dua tuan rumah yakni Polandia dan Ukraina. Pot 2 diisi oleh Jerman, Italia, Inggris, dan Rusia. Pot 3 ditempati Kroasia, Yunani, Portugal dan Swedia. Sedangkan pot 4 ditempati Denmark, Prancis, Republik Ceko, dan Republik Irlandia.
Mencermati pot yang sudah dilakukan UEFA, sangat mungkin terjadi grup neraka. Kemungkinan paling buruk bisa ada grup yang ditempati Spanyol, Jerman, Portugal, dan Prancis.
Menyikapi kemungkinan tersebut, pelatih Jerman, Joachim Loew mengaku tak takut. Dia merasa siap menghadapi tim mana pun.
“Kami akan menunggu undian dan menanti hasilnya. Kami tahu segalanya bisa terjadi, karena kami tidak diunggulkan, dan bisa ditempatkan berasama Spanyol atau Belanda,” kata Loew pada Sport1.
“Ini pendekatan yang salah, jika Anda hanya berbicara mengenai Jerman dan Spanyol. Ada empat atau lima tim kelad dunia lain yang berharap menjadi juara. Dan memenangkan Euro lebih sulit daripada Piala Dunia karena nuansa sering menentukan,” lanjutnya.
Jika Spanyol berada satu grup dengan Jerman tentunya akan menarik, karena kedua tim ini sama-sama mencatat rekor 100 persen kemenangan di babak Kualifikasi. Mereka juga memiliki pemain-pemain bertabur bintang.

0 komentar:

Posting Komentar